obat kuat
Headlines News :
Home » » Manfaat Daun Bayam Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Bayam Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Bayam Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Bayam Untuk Kesehatan. Bayam (Amaranthus spp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting..

Daun bayam yang banyak tedapat di sekeliling kita ternyata banayak sekali manfaatnya bagi kesehatan kita. Di antara sekian banyak manfaat yang terkandung dalam daun bayam salah satunya yaitu dapat menaikan tekanan darah rendah. Dengan cara dan pengolahan yang sederhana, kita bisa membuatnya dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.

Kandungan Gizi Bayam

Namun terlepas dari hal diatas kita akan membahas juga mengapa Tokoh kartun Popeye sangat menyukai jenis sayuran ini. Katanya, sayuran hijau ini mampu memberikan energi ekstra pada tubuhnya ketika bertarung dengan Brutus. Tidak hanya popeye, bayam juga sangat bagus dikonsumsi bagi kita . Selain menambah energi, ada banyak manfaat lain yang bisa kita nikmati dari bayam.

Dalam 100 g Bayam terdapat :
  1. Energi 36 kal
  2. Protein 3,5 g
  3. Lemak 0,5 g
  4. Karbohidrat 6,5 g
  5. Serat 0,8 g
  6. Kalsium 267 mg
  7. Fosfor 67 mg
  8. Besi 3,9 mg
  9. Vitamin A 6.090 IU
  10. Vitamin B1 0,08 mg
  11. Vitamin C 80 mg
  12. Air 86,9 g
Manfaat Bayam Bagi Tubuh

  1. Melawan Sel Kanker. Vitamin A dan C serta serat, asam folat dan 13 flavonoid dalam bayam sangat bermanfaat dalam memerangi sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan, kandungan tersebut pada bayam menurunkan risiko kanker sebesar 34% terutama pada kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker kulit dan kanker perut.
  2. Sumber Anti-inflamasi. Bayam mengandung sifat alkalinitas yang tinggi sehingga membuat sayur ini pilihan yang sempurna bagi penderita penyakit inflamasi, seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.
  3. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bayam merupakan sumber folat yang baik, yang dapat mengurangi homosistein, asam amino yang ditemukan dalam darah. Tingginya tingkat homosistein dalam darah menyebabkan tingginya risiko penyakit jantung. Bayam juga mengandung choline dan inositol, yang membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.
  4. Menurunkan tekanan darah tinggi. Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Tingkat mineral yang seimbang ini sangat bermanfaat bagi pasien dengan tekanan darah tinggi. Selain itu, folat dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, dengan demikian mempertahankan kelancaran aliran darah.
  5. Mencegah Osteoporosis. Secangkir daun bayam segar memenuhi 200% kebutukan nilai harian akan vitamin K. Vitamin ini amat penting dalam pencegahan keropos tulang. Selain itu, mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga dan fosfor dalam bayam juga membantu penguatan tulang.
  6. Mencegah Diabetes. Bayam sangat berguna bagi orang yang menderita diabetes juga. Magnesium ditemukan dalam bayam membantu untuk mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Konsumsi rutin bayam membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi terlalu banyak.
  7. Mencegah Anemia. Bayam adalah sumber zat besi yang diperlukan dalam mencegah anemia. Zat besi membantu meregenerasi atau memperbanyak sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.
  8. Meningkatkan kualitas penglihatan. Bayam merupakan sumber lutein, karotenoid yang dikenal membantu melindungi mata terhadap katarak. Bayam juga kaya akan vitamin A, yang membuatnya sangat bermanfaat untuk penglihatan.
  9. Mengobati Pendarahan Gusi. Campuran bayam dan jus wortel sangat membantu dalam mengobati gusi berdarah yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C dan asupan terlalu banyak gula halus.
Berikut adalah cara dan pengolahan daun bayam sebagai obat untuk menaikan darah rendah:

1.Ambilah 3genggam daun bayam yang masih segar. Kemudian tumbuklah daun bayam tersebut sampai benar-benar halus, lalu tambahakan 1gelas air putih secukupnya. Setelah itu saringlah air tumbukan daun-daun bayam tadi dan beri sedikit gula pasir. Minumlah air daun bayam tadi setipa pagi dan sore hari selama kurang lebih 3hari berturut turut.

2.Ambilah kaldu ayam yang baru mendidih sebanayak 1gelas. Lalu tambahkan sebutir kuning telur, sedikit garam(sebagai penghilang rasa amis). Minumlah ramuan tersebut sehari sekali selama 1minggu.

3.Ambilah bayam merah secukupnya. Kemudian rebuslah dengan 2gelas liter air putih dan campur dengan bumbu selera anda supaya rasanya enak. Tapi sebelum di makan ukurlah terlebih dahulu tekanan darah anda supaya anda dapat mengetahui perkembangan setelah 3 hari anda memakan bayam merah.

4.Siapkan bahan-bahan berikut:-bayam 250 gram
  1. -gula aren 10 gram
  2. -asam kawak 5 gram
  3. -bawang merah 50 gram
  4. -lada 10 gram
  5. -lombok 15 gram
  6. -garam dapur 7 gram

Cara membuat:
bayam di rebus tetapi jangan terlalu masak. Bahan-bahan lainnya ditumbuk sampai halus dijadikan satu, hingga seperti sambal.

Cara menggunakan:
bayam dan sambal tersebut dimakan dengan nasi beras merah pada siang hari.Lakukan setiap hari.

Demikanlah  manfaat daun bayam bagi kesehatan.
Share this post :

+ komentar + 3 komentar

9 November 2013 05.01

Wukakaka.
Ternyata nggak rugi nih gue suka sama sayur hijau yang satu ini.
Secara manfaatnya lumayan banyak ya kan?....

21 April 2014 03.08

Makasih ya atas informasinya sangat bermanfaat, semoga kita semua selalu sehat karenanya

14 Mei 2014 02.19

Luar biasa manfaat bayam, tapi beresiko buat penderita asam urat ya mas bro....

Posting Komentar

Terimakasih Atas Kunjungan Sahabat
- Berkomentarlah Yang Sopan
- Tidak Diperkenankan Memasukan Link Aktif Pada Isi Komentar
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Content

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ANEKA RESEP MINUMAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger